Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H


Agama Islam adalah agama yang mengajarkan tentang ilmu tauhid yang didalamnya terdapat ajaran tentang perilaku manusia terhadap Tuhannya serta perilaku manusia dengan sesamanya. Agama Islam sangat berkaitan dengan kegiatan menyebarkan ajaran agamanya. Kegiatan inilah yang dinamakan dengan dakwah. Dakwah merupakan suatu upaya menyeru manusia untuk berbuat kebaikan dan mencegah berbuat kemungkaran untuk mencapai kebahagiaan didunia maupun diakhirat.

Gambar 1. Pembacaan Sari Tilawah

Dakwah Islam berupaya agar umat manusia selalu berubah, dalam makna selalu meningkatkan situasi
dan kondisi baik lahir maupun batin, berupaya agar semua kegiatannya masuk ke dalam kerangka ibadah dan diharapkan agar mencapai kesejahteraan, kebahagiaan lahir dan batin yang memperoleh ridha Allah SWT.

Dakwah adalah setiap usaha atau aktifitas dengan lisan, tulisan dan lainnya yang bersifat menyeru, mengajak, memanggil manusia untuk beriman dan menaati Allah sesuai dengan garis- garis akidah dan syariah serta akhlak Islamiyah. Istilah dakwah dapat diartikan dari dua segi atau dua sudut pandang, yakni pengertian dakwah yang
bersifat pembinaan dan pengertian dakwah yang bersifat pengembangan. Pembinaan artinya suatu kegiatan untuk mempertahankan dan menyempurnakan sesuatu hal yang telah ada sebelumnya. Sedangkan pengembangan berarti suatu kegiatan yang mengarah kepada pembaharuan atau mengadakan sesuatu hal yang belum ada.

Gambar 2. K.H. Yayan Sopian, S.Ag Memberikan Ceramah

Dakwah juga berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai agama Islam kepada khalayak luas yang belum sempurna dalam memahaminya. Melalui pesan-pesan dakwah inilah masyarakat akan semakin mengenal dan memahami Islam dengan seutuhnya. Istilah pesan dakwah dipandang lebih tepat untuk menjelaskan, isi dakwah berupa kata, gambar, dan sebagainya yang diharapkan dapat memberikan pemahaman bahkan perubahan sikap mitra dakwah.

Pesan apa pun dapat dijadikan sebagai pesan dakwah selama tidak bertentangan dengan sumber utamanya, yaitu Al-Qur’an dan Hadits. Berdasarkan cara penyampaiannya, pesan dakwah dapat disampaikan lewat tatap muka atau dengan menggunakan sarana media. Pengajian yang dipimpin oleh K.H. Yayan Sopian, S.Ag. dilaksanakan pada hari
Minggu, tanggal 14 Agustus 2022. Pengajian atau ceramah ini menarik karena jama’ahnya yang rata-rata berusia
remaja dan merupakan mahasiswa/I dari Universitas Pertiwi Karawang dan Universitas lainnya mengikuti kegiatan ceramah ini.

Gambar 3. Para Jamaah Yang Hadir

Dengan topik-topik menarik yang disampaikan oleh K.H. Yayan Sopian, S.Ag. inilah yang mendorong peneliti untuk
meneliti pesan dakwah apa saja yang terkandung di dalam ceramah yang dilakukan oleh beliau di dalam pengajian
rutin tersebut sehingga dakwah beliau menjadi efektif dan efisien dalam penyampaiannya

,