Training dan Uji Kompetensi Manajemen Sumber Daya Manusia

Pada tanggal 4-5 Maret 2023, Kegiatan Training & Uji Kompetensi MSDM ini dilaksanakan bentuk pencapaian kualitas dan peningkatan kemampuan khususnya calon Manajer SDM bagi mahasiswa sesuai standar nilai yang dibutuhkan karena sebagaimana diketahui, sertifikat Uji Kompetensi MSDM merupakan salah satu pra-syarat untuk pemenuhan SKPI.

Kegiatan uji kompetensi merupakan proses penilaian (assessment) secara teknis dan non teknis yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi.

  1. Mengukur kompetensi atau kemampuan dari tendik yang akan diusulkan pada jabatan tertentu.
  2. Dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi dengan standar kinerja yang telah ditetapkan.

Kompetensi Sumber Daya Manusia adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatanya dalam lingkungan pekerjaanya. Untuk menjalankan peran ini, para manajer sumber daya manusia harus memiliki empat kompetensi utama: komunikasi, kemampuan analisis, keterampilan membangun hubungan dan kualitas kepemimpinan

Kendati posisi jabatan departemen sumber daya manusia bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain, tergantung pada ukuran perusahaan, tetapi ada hal mendasar yang sama yakni kompetensi orang. Kompetensi inti dari manajer sumber daya manusia umumnya sudah baku.

Kompetensi inti merupakan kualifikasi dasar yang menentukan kemampuan manajer sumber daya manusia untuk melaksanakan fungsi jabatan. Bagi manajer sumber daya manusia, kompetensi inti yang diperlukan mencakup komunikasi, hubungan antar pribadi, analisis dan berpikir secara kritis. Model kompetensi dari manajer sumber daya manusia baik di sektor swasta maupun sektor publik/pemerintahan secara umum sama.

Manajer sumber daya manusia di dua sektor itu bertanggung jawab untuk menciptakan dan melanggengkan suatu tenaga kerja produktif dan lingkungan kerja yang baik. Karyawan akan produktif apabila lingkungan kerjanya mendukung. Dua hal ini menjadi ukuran keberhasilan seorang manajer SDM.

Dikatakan bahwa para profesional di bidang sumber daya manusia perlu mengerti bidang bisnis yang digeluti, karena setiap industri menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang berbeda-beda. Mana yang lebih mudah, seorang yang menguasai industri kemudian belajar tentang manajemen SDM atau orang yang dari sononya ahli SDM baru mempelajari industri? Mungkin bisa keduanya, tergantung dari kemampuan sang manajer SDM untuk menyesuaikan diri.

Selain menguasai bidang sumber daya manusia, manajer SDM harus memiliki kualitas kepemimpinan dan kemampuan melakukan pendampingan/advokasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Bahkan seorang manajer SDM yang baik, tahu bahkan hafal profil setiap karyawan. Apabila ada formasi yang lowong, ia dapat dengan segera menyodorkan nama-nama calon internal yang dapat diajukan untuk mengisi formasi yang lowong. Ia juga tahu setiap karyawan memiliki potensi apa yang dapat dikembangkan.

Model kompetensi:

  1. Menyusun Uraian Jabatan
  2. Melakukan Administrasi Jaminan Sosial
  3. Melakukan Administrasi Pengupahan
  4. Melakukan Administrasi Penerapan Kebijakan SDM

Berita Terbaru

Info PMB

Semester Gasal

  1. Gelombang 1 : 1 April s.d. 30 Juni 2023 (potongan tambahan + Rp 1 juta)
  2. Gelombang 2 : 1 Juli s.d. 31 Agustus 2023 (potongan tambahan + Rp 750 ribu)
  3. Gelombang 3 : 1 September s.d. 24 Oktober 2023 (potongan tambahan + Rp 500 ribu)


Semester Genap

  1. Gelombang 1 : 25 Oktober s.d. 30 November 2023
  2. Gelombang 2 : 1 Desember 2022 s.d. 31 Januari 2023
  3. Gelombang 3 : 1 Februari 2022 s.d. 31 Maret 2023
Scroll to Top