Program studi D4 Manajemen Acara atau bisa juga disebut MICE adalah kepanjangan dari Meeting, Incentive, Convention and Exhibition. Secara umum dapat diartikan bahwa program studi ini akan banyak belajar tentang dunia event organizer dan pariwisata pada umumnya, seperti pameran, festival, konser, parade, gathering, konferensi, seminar atau apa saja yang berhubungan dengan dunia event.

D4 Manajemen Acara

Visi

  • Memajukan dan mengembangkan prodi pengelolaan Konvensi dan Acara terpercaya, berkomitmen, dan menghasilkan insan cendekia Sarjana Terapan Pariwisata yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul.
  • Pengembangan ilmu terapan Pengelolaan Konvensi dan Acara diarahkan kepada pencapaian kompetensi sumber daya manusia yang profesional sesuai dengan posisi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia No.246/MEN/VIII/2009).

 

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul
  • Menyelenggarakan penelitian terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul
  • Menyelenggarakan layanan profesi terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul.

D4 Manajemen Acara

Dalam menempuh ilmu D4 Manajemen Acara dilengkapi mata kuliah pendukung dan mata kuliah wajib.

Capaian Lulusan

  1. Mampu membuat proposal penyelenggaraan sebuah event.
  2. Mampu menyelenggarakan event mulai dari persiapan hingga pelaporan.
  3. Mampu melakukan promosi event yang diselenggarakan
  4. Mampu melakukan teknik komunikasi persuasif dalam dan komunikasi efektif untuk bekerja sesuai dengan prosedur operasi standar.
  5. Mampu berkomunikasi minimal menggunakan satu bahasa Internasional, setara dengan kemampuan berbahasa pada tingkat intermediate.
  6. Lulusan mampu memberikan pemikiran, ide, gagasan, kritikan sekaligus pendapat terhadap pengembangan industri Pengelolaan Konvensi dan Acara di tempat lulusan tersebut bekerja.
  7. Lulusan mampu melihat peluang bisnis Pengelolaan Konvensi dan Acara, sehingga lulusan mampu menciptakan lapangan kerja khususnya di bidang industri Pengelolaan Konvensi dan Acara
  8. Lulusan mampu menjadi team leader dan bekerja sama dengan rekan kerja serta pihak eksternal perusahaan.
  9. Lulusan mampu membuat, membangun, menjaga jaringan kepada pihak external secara berkelanjutan.
  10. Lulusan mampu melakukan supervisi terhadap program, produksi, SDM

Mata Kuliah Unggulan

Prospek Lulusan

Pekerjaan

Graphic Designer, Content Planner, Advertising, Film, Animator, etc

Wirausaha

Enterpreneur, Design Consultant, Project Design, etc

Pendidikan

Researcher, Tutor, Educator, etc

Program Peminatan

Konsentrasi peminatan ke arah produksi multimedia. Perancangan dan keilmuan lebih mendalam terkait kebutuhan manusia akan komunikasi visual yang dikemas melalui berbagai media berdasarkan hasil pemikiran desain.

Konsentrasi peminatan ke arah periklanan. Perancangan dan keilmuan lebih mendalam terkait kebutuhan visual periklanan perorangan, perusahaan, maupun sosial yang akan dipublikasi melalui beberapa tahapan desain.

Perkuliahan Berbasis Teori

Perkuliahan ini dilakukan di ruang kelas, dengan bahasan materi yang disampaikan dosen serta membuka diskusi terkait topik yang disampaikan.

Perkuliahan Bebasis Praktik

Perkuliahan ini dilakukan di ruang Studio, dengan pengerjaan project yang akan diselesaikan dalam jangka waktu tertentu

Penelitian Dosen

Salah satu kegiatan rutin dosen dalam melaksanakan kewajiban Tridharma di Universitas Pertiwi, luaran berupa publikasi ilmiah terindeks Nasional maupun Internasional

Penelitian Mahasiswa

Penelitian bersama Mahasiswa dan Dosen Pembimbing dalam melaksanakan kewajiban memenuhi syarat kelulusan Mahasiswa, output berupa skripsi dan publikasi Jurnal Nasional

Pelatihan

Kegiatan kampus dalam memberikan ilmu terapan dalam bidang Desain, seperti revitalisasi tradisi yang mampu berdampak pada perubahan produk UMKM dari segi desain ke arah yang lebih modern

Penyuluhan

Memberikan penyuluhan terkait ilmu desain yang relevan di masyarakat, seperti branding, packaging, dan periklanan produk lokal.

Scroll to Top