Visi & Misi
Visi
Menjadi pelopor dalam keilmuan desain komunikasi visual yang terpercaya, berkarakter dan unggul dengan mengikuti perkembangan teknologi modern industrial di bidang desain grafis, desain periklanan, dan desain multimedia interaktif.
Misi
- Mencetak generasi yang percaya diri, unggul, kreatif dan inovatif melalui pendidikan dan pembelajaran ilmu Desain Komunikasi Visual yang berkualitas
- Mengembangkan perancangan, dan penelitian yang unggul, inovatif, dan profesional berlandaskan ilmu Desain Komunikasi Visual guna memecahkan permasalahan Desain dalam lingkup masyarakat.
- Mengembangkan jejaring dan kemitraan secara profesional dalam bidang ilmu Desain Komunikasi Visual dengan lembaga pemerintah, swasta, komunitas, dan masyarakat.
Pilihan Kelas
Pilihan Kelas yang Sesuai
- Reguler Pagi
Perkuliahan kelas reguler pagi diadakan hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB - Reguler Malam
Perkuliahan kelas reguler malam diadakan hari Senin sampai Jumat mulai pukul 18.00 WIB sampai 23.00 WIB - Karyawan
Perkuliahan kelas reguler malam diadakan hari Sabtu dan Minggu mulai pukul
09.00 WIB sampai 23.00 WIB
Capaian Lulusan
- Kemampuan terapan industrial branding berbasis produk, media rekam dan ilustrasi
- Kemampuan entrepreneurship, softskill, salesmanship dalam praktik desain, dan komunikasi visual dalam kawasan indsutri
- Mampu memecahkan masalah menggunakan keilmuan desain serta menggunakan berbagai aplikasi multimedia untuk berbagai kepentingan industri
Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pertiwi akan menyandang gelar Sarjana Desain (S.Ds.). Segala bentuk Ilmu dan Keterampilan yang telah dipelajari akan menjadi bekal kelak bagi lingkungan dan masa depan.
Mata Kuliah S1 Desain Komunikasi Visual
Dalam menempuh ilmu S1 Desain Komunikasi Visual dilengkapi mata kuliah pendukung dan mata kuliah wajib.
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | UP221201 | Agama | |
2 | UP221202 | Pendidikan Pancasila | |
3 | UP221203 | Pendidikan Kewarganegaraan | |
4 | UP221204 | Bahasa Indonesia | |
5 | FT221305 | Bahasa Inggris | |
6 | TD221306 | Dasar Seni Rupa & Desain | |
7 | TD221307 | Sejarah Seni Rupa & Desain | |
8 | TD221308 | Estetika |
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | FT222201 | Gambar 1¹ | |
2 | FT222202 | Rupa Dasar 2D 1¹ | |
3 | TD222203 | Graphic Design | |
4 | TD222304 | Kreativitas dan Humanita | |
5 | TD222305 | Psikologi Komunikasi | |
6 | TD222306 | Tinjauan Seni Rupa & Desain | |
7 | TD222307 | Bahasa Rupa | |
8 | TD222308 | Proses Komunikasi |
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | FT223201 | Leadership | |
2 | FT223202 | Kewirausahaan & Teknologi | |
3 | TD223303 | Desain Komunikasi Visual Dasar¹ | |
4 | TD223304 | Rupa Dasar 3D 1¹ | |
5 | TD223305 | Ilustrasi Dasar¹ | |
6 | TD223306 | Fotografi Dasar¹ | |
7 | TD223407 | Tipografi Dasar¹ |
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | TD224301 | Desain Komunikasi Visual Aplikatif² | |
2 | TD224302 | Gambar 2² | |
3 | TD224303 | Rupa Dasar 2D 2² | |
4 | TD224304 | Rupa Dasar 3D 2² | |
5 | TD224305 | Ilustrasi Aplikatif² | |
6 | TD224306 | Fotografi Aplikatif² | |
7 | TD224407 | Tipografi Aplikatif² |
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | FT225201 | Etika Profesi DKV | |
2 | FT225302 | Metode Penelitian DKV | |
3 | TD225303 | Videografi Dasar¹ | |
4 | TD225304 | Narasi Visual Dasar¹ | |
5 | TD225305 | Metode Produksi DKV | |
6 | TD225306* | Motion Graphic* | |
7 | TD225407* | Komunikasi Visual Multimedia¹* | |
8 | TD225308** | Copy Writing** | |
9 | TD225409** | Komunikasi Visual Periklanan¹** |
Keterangan
Tanda * | Matakuliah Konsentrasi Multimedia |
Tanda ** | Matakuliah Konsentrasi Periklanan |
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | FT226401 | Internship | |
2 | UP226202 | Pendidikan Anti Korupsi dan Etika Pertiwi | |
3 | TD226303 | Animasi | |
4 | TD226304* | Videografi Aplikatif²* | |
5 | TD226405* | Komunikasi Visual Multimedia 2²* | |
6 | TD226306** | Narasi Visual Aplikatif²** | |
7 | TD226407** | Komunikasi Visual Periklanan 2²** |
Keterangan
Tanda * | Matakuliah Konsentrasi Multimedia |
Tanda ** | Matakuliah Konsentrasi Periklanan |
No | Kode | Mata Kuliah | |
1 | TD227301 | Semiotika | |
2 | TD227402 | Seminar Proposal | |
3 | TD227303* | Media Interaktif* | |
4 | TD227404* | Komunikasi Visual Multimedia3³* | |
5 | TD227305* | Tata Kelola Bisnis Multimedia* | |
6 | TD227306** | Visual Branding** | |
7 | TD227407** | Komunikasi Visual Periklanan³** | |
8 | TD227308** | Tata Kelola Bisnis Periklanan** |
Keterangan
Tanda * | Matakuliah Konsentrasi Multimedia |
Tanda ** | Matakuliah Konsentrasi Periklanan |
No | Kode | Mata Kuliah |
1 | TS228601 | Skripsi |
Prospek Lulusan
Pekerjaan
Wirausaha
Pendidikan
Program Peminatan
Konsentrasi peminatan ke arah produksi multimedia. Perancangan dan keilmuan lebih mendalam terkait kebutuhan manusia akan komunikasi visual yang dikemas melalui berbagai media berdasarkan hasil pemikiran desain.
Konsentrasi peminatan ke arah periklanan. Perancangan dan keilmuan lebih mendalam terkait kebutuhan visual periklanan perorangan, perusahaan, maupun sosial yang akan dipublikasi melalui beberapa tahapan desain.
UKM
Kegiatan mahasiswa yang berfungsi pada kebugaran tubuh yang diwadahi dengan berbagai macam jenis olahraga. Seperti Bulu Tangkis, Tenis Meja, Futsal dan Seni Bela dir
Untuk memperluas wawasan dan membiasakan berinteraksi menggunakan bahasa asing. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.
Di era digital, foto menjadi hal yang lumrah dikehidupan sehari-hari. UKM ini mewadahi Mahasiswa yang memili ketertarikan di bidang fotografi untuk dapat sharing tentang fotografi dan memperdalam ilmu fotografi.
Untuk memperluas wawasan terkait keimanan guna menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulya. Tempat sharing dan berkegiatan sosial yang telah di agendakan.