Program studi D4 Manajemen Hotel dapat diartikan bahwa program studi ini akan banyak belajar tentang dunia perhotelan pada umumnya, seperti FnB Product, Housekeeping, Pastry and Bakery, Restaurant and Bar, hingga manajemen atau apa saja yang berhubungan dengan dunia perhotelan.

Program studi ini D4 Manajemen Hotel ini berada dibawah Fakultas Pariwisata dan Budaya Universitas Pertiwi dan berpusat di Kampus Cililitan. Program studi ini didirikan pada 4 tahun yang lalu dan termasuk ke dalam program studi baru yang akan meluluskan angkatan pertama.

Selain dalam dunia perhotelan, program studi ini juga akan banyak bersentuhan dengan industri kuliner, seperti masakan eropa, masakan china, masakan arab hingga masakan tradisional. Selain itu ada juga aneka minuman dan kue-kue. Dengan didukung oleh para dosen yang juga lulusan dari industri perhotelan serta banyak dari kalangan praktisi, maka membuat suasana pembelajaran menjadi lebih kaya dengan pengalaman.

D4 Manajemen Hotel

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul

  • Menyelenggarakan penelitian terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul

  • Menyelenggarakan layanan profesi terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul.

Visi

  • Memajukan dan mengembangkan prodi pengelolaan perhotelan terpercaya, berkomitmen, dan menghasilkan insan cendekia Sarjana Terapan Pariwisata yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul.
  • Pengembangan ilmu terapan perhotelan diarahkan kepada pencapaian kompetensi sumber daya manusia yang profesional “hotelier”, sesuai dengan posisi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Hotel dan restoran Permenaker No.239/MEN/X/2004).

Mata Kuliah Unggulan

1. Pastry and Bakery

2. Hotel Accomodation

3. F&B Product

4. Front Office

5. Housekeeping

6. Restaurant & Bar

 

S1 Manajemen Hotel

Dalam menempuh ilmu D4 Manajemen Hotel dilengkapi mata kuliah pendukung dan mata kuliah wajib.

Capaian Lulusan

  1. Mengaplikasikan pelayanan prima dalam operasional hotel (kantor depan hotel, tata graha, pengelolaan kue (baking and pastry), pengelolaan makanan (culinary art), dan tata hidang) sesuai dengan standar hotel bintang lima dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja keragaman budaya, kearifan budaya lokal, dan representasi budaya dalam proses pelayanan serta mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
  2. Dalam bidang pengolahan Kue (Baking and Pastry) dan makanan (Culinary Art) mampu mengaplikasikan, membuat desain, mempresentasikan, dan menyimpan produk kue dan makanan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (food hygiene), memenuhi nilai estetika, dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja.
  3. Mampu mengaplikasikan operasional tata graha sesuai dengan standar pada butir satu dan memenuhi batas kepatutan survei kepuasan pelanggan di dalam suatu simulasi kerja
  4. Mampu mengaplikasikan operasional layanan makanan dan minuman di hotel (restoran, bar, layanan makanan di kamar, dan banquet) sesuai dengan standar pada butir satu dan memenuhi batas kepatutan survei kepuasan pelanggan di dalam suatu simulasi kerja
  5. Mampu mengaplikasikan dan membuat desain promosi produk hotel, meliputi makanan, minuman, dan kamar.
  6. Mampu memanfaatkan IPTEK yang terbaru.
  7. mengaplikasikan teknik komunikasi persuasif dalam dan komunikasi efektif untuk bekerja sesuai dengan prosedur operasi standar
  8. Mampu berkomunikasi minimal menggunakan satu bahasa Internasional, setara dengan kemampuan berbahasa pada tingkat intermediate.
  9. Lulusan mampu memberikan pemikiran, ide, gagasan, kritikan sekaligus pendapat terhadap pengembangan industri Perhotelan di tempat lulusan tersebut bekerja.
  10. Lulusan mampu mengkaji peluang bisnis perhotelan, sehingga lulusan mampu menciptakan lapangan kerja khususnya dibidang perhotelan

Keunggulan Prodi

Event/Program Unggulan

Kegiatan table manner merupakan salah satu event yang paling dinanti oleh banyak mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan di hotel berbintang antara 3-5 di sekitaran Jakarta atau juga Bandung. Dengan mempelajari table manner, maka mahasiswa akan paham tentang bagaimana etika dalam mengadakan perjamuan makan yang formal.

Dalam industri perhotelan, perjamuan makan dengan cara formal sangat penting, seperti dalam event gala dinner atau juga makan siang bersama para tokoh artis atau pejabat. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di semester genap dan agenda wajib bagi seluruh mahasiswa. Diakhir kegiatan, para mahasiswa juga mendapatkan sertifikat dari pihak hotel dan sangat berguna sebagai SKPI dan kedepannya.

Ada banyak kegiatan special event yang dilakukan di dalam Universitas Pertiwi, khususnya untuk program studi D4 Manajemen Hotel ini, diantaranya adalah Pertiwi Food Festival, Pertiwi Got Talent dan juga kegiatan Pameran. Kegiatan ini sangat menarik karena mahasiswa bisa menuangkan segala ide dan kreatifitasnya

untuk ditampilkan, mulai dari tari, musik, puisi bahkan juga tampilan olahraga, seperti karate.

Kegiatan ini dirancang oleh mahasiswa dibawah naungan dosen sebagai pembimbingnya. Mulai dari membuat proposal, konsep, anggaran hingga mencari pengisi acara dan membuat laporan pun, semua dikerjakan oleh mahasiswa. Dengan seperti ini, maka akan menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk bisa mensukseskan acara yang didirikannya.

Melakukan kunjungan ke industri atau hotel sudah tentu merupakan makanan wajib bagi para mahasiswa prodi D4 Manajemen Hotel ini. Karena melahap semua pembelajaran di dalam kelas, jelas tidak mungkin, pasti ada materi-materi pembelajaran yang hanya bisa dilakukan di luar kampus. Karenanya ada banyak mata kuliah yang mengajak para mahasiswa untuk pergi kunjungan ke hotel, baik hotel bintang 3 ataupun bintang 5.

Di dalam melakukan kunjungan ke dalam event, mahasiswa juga diminta untuk melakukan pengamatan dan juga wawancara kepada exhibitor, talent atau juga event organizernya. Mahasiswa diminta untuk membuat laporan dalam bentuk video dan juga laporan tertulis.

Kegiatan Field Trip merupakan kegiatan dimana para mahasiswa melakukan kunjungan ke dalam hotel dan juga tempat wisata. Hal ini menjadi sangat penting karena di dalam kunjungan tersebut, mahasiswa tidak saja sebagai tamu namun juga bisa bertemu langsung dengan manajer hotel sehingga bisa sambil belajar tentang bagaimana mengelola hotel.

Disini para mahasiswa akan belajar banyak hal dan masuk ke dalam area-area terpenting dalam hotel, seperti kitchen, laundry room, cold kitchen bahkan masuk ke dalam area keamanan hotel.

Tempat yang dituju biasanya adalah beberapa tempat di pulau Jawa, seperti Yogyajarta, Solo atau juga Semarang. Karena selain banyak hotel di wilayah tersebut, destinasi wisata juga banyak. Kegiatan ini biasanya memakan waktu 3 malam 4 hari dengan menggunakan transportasi jalur darat. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti acara ini karena selain seru juga banyak hiburannya.

Scroll to Top