Program studi D3 Perhotelan dapat diartikan bahwa program studi ini akan banyak belajar tentang dunia perhotelan pada umumnya, seperti FnB Product, Housekeeping, Pastry and Bakery, Restaurant and Bar, hingga manajemen atau apa saja yang berhubungan dengan dunia perhotelan.

Program studi ini D3 Perhotelan ini berada dibawah Fakultas Pariwisata dan Budaya Universitas Pertiwi dan berpusat di Kampus Cililitan. Program studi ini telah lama berdiri dan merupakan program studi yang banyak diminati oleh banyak mahasiswa? Mengapa karena hanya dengan kuliah 3 tahun saja, skill yang dimiliki sudah mumpuni dan siap berkiprah di dunia industri perhotelan

Selain dalam dunia perhotelan, program studi ini juga akan banyak bersentuhan dengan industri kuliner, seperti masakan eropa, masakan china, masakan arab hingga masakan tradisional. Selain itu ada juga aneka minuman dan kue-kue. Dengan didukung oleh para dosen yang juga lulusan dari industri perhotelan serta banyak dari kalangan praktisi, maka membuat suasana pembelajaran menjadi lebih kaya dengan pengalaman.

So, mari bergabung bersama kami.

D3 Perhotelan

  • Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul

  • Menyelenggarakan penelitian terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul

  • Menyelenggarakan layanan profesi terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul.

  • Memajukan dan mengembangkan prodi pengelolaan perhotelan terpercaya, berkomitmen, dan menghasilkan insan cendekia Sarjana Terapan Pariwisata yang berkarakter, profesional dan berkompetensi unggul.
  • Pengembangan ilmu terapan perhotelan diarahkan kepada pencapaian kompetensi sumber daya manusia yang profesional “hotelier”, sesuai dengan posisi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Hotel dan restoran Permenaker No.239/MEN/X/2004).

Dalam menempuh ilmu D4 Manajemen Hotel dilengkapi mata kuliah pendukung dan mata kuliah wajib.

  1. Mengaplikasikan pelayanan prima dalam operasional hotel (kantor depan hotel, tata graha, pengelolaan kue (baking and pastry), pengelolaan makanan (culinary art), dan tata hidang) sesuai dengan standar hotel bintang lima dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja keragaman budaya, kearifan budaya lokal, dan representasi budaya dalam proses pelayanan serta mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
  2. Dalam bidang pengolahan Kue (Baking and Pastry) dan makanan (Culinary Art) mampu mengaplikasikan, membuat desain, mempresentasikan, dan menyimpan produk kue dan makanan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (food hygiene), memenuhi nilai estetika, dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja.
  3. Mampu mengaplikasikan operasional tata graha sesuai dengan standar pada butir satu dan memenuhi batas kepatutan survei kepuasan pelanggan di dalam suatu simulasi kerja
  4. Mampu mengaplikasikan operasional layanan makanan dan minuman di hotel (restoran, bar, layanan makanan di kamar, dan banquet) sesuai dengan standar pada butir satu dan memenuhi batas kepatutan survei kepuasan pelanggan di dalam suatu simulasi kerja
  5. Mampu mengaplikasikan dan membuat desain promosi produk hotel, meliputi makanan, minuman, dan kamar.
  6. Mampu memanfaatkan IPTEK yang terbaru.
  7. mengaplikasikan teknik komunikasi persuasif dalam dan komunikasi efektif untuk bekerja sesuai dengan prosedur operasi standar
  8. Mampu berkomunikasi minimal menggunakan satu bahasa Internasional, setara dengan kemampuan berbahasa pada tingkat intermediate.
  9. Lulusan mampu memberikan pemikiran, ide, gagasan, kritikan sekaligus pendapat terhadap pengembangan industri Perhotelan di tempat lulusan tersebut bekerja.
  10. Lulusan mampu mengkaji peluang bisnis perhotelan, sehingga lulusan mampu menciptakan lapangan kerja khususnya dibidang perhotelan.
Scroll to Top