Masa Orientasi Mahasiswa Baru Tahun 2022


Gambar 1. Ibu Yeni Sedang Tampil di Panggung Cililitan
Gambar 2. Ibu Sri Sedang Tampil di Panggung Cikarang 2

Karawang dan Cililitan, – Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOM) Universitas Pertiwi tahun akademik 2022/2023 yang diikuti ratusan mahasiswa baru telah memasuki hari terakhir setelah sebelumnya mahasiswa baru mendapat banyak materi secara daring dari Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), Fakultas Pariwisata Budaya dan Bahasa (FPB), dan Fakultas Teknologi (FTK), Minggu (09/10/22).

Acara ini dilakukan di dua tempat berbeda yaitu Kampus Cililitan dan Kampus Cikarang 2, secara bersamaan dimulai dari pagi sampai sore hari. Rangkaian acara berlangsung dengan meriah dan bersuka ria.

Gambar 3. Peserta Sedang Menyaksikan Penampilan Performer

Kegiatan ini diawali dengan senam pagi, dilanjutkan dengan Master of Ceremony (MC) membuka acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Unperti, sambutan-sambutan, pembacaan Surat Keputusan (SK) dan pelantikan mahasiswa, pembagian kelompok sekaligus perkenalan, membuat yel-yel, games kreativitas, ice breaking, wawasan kebangsaan, learning activity, perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), orasi calon ketua BEM, penutupan dan pemberian hadiah.

Gambar 4. Para Peserta Sedang Melakukan Senam Pagi

Dalam acara puncak yang dihelat luring di Aula Kampus Cikarang 2, Rektor Universitas Pertiwi Dr. Arif Nugroho, B.eng., M.Sc., menyampaikan beberapa pesan dan motivasi bagi mahasiwa baru.

“Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang sudah memberikan kepercayaan kepada Universitas Pertiwi untuk melanjutkan mencari ilmunya. Sekaligus hari ini adalah hari bersejarah karena belum lama ini telah resmi Pertiwi menjadi Universitas Pertiwi yang merupakan gabungan dari beberapa perguruan tinggi seperti Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Akademi Pariwisata (Akpar) Pertiwi,” tutur ia.

Apakah ada yang tahu persamaan batubara dan berlian? Arif Nugroho melakukan interaksi dengan para peserta Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOM). Keduanya mempunyai persamaan pada unsur kimia, yang sama-sama berunsur karbon. Sementara perbedaan keduanya adalah nilai jualnya, jika batubara dijual dengan jumlah tonase sedangkan berlian dijual dengan gram. Berlian melewati beberapa proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi lalu melalui penumbukan dengan kekuatan yang sangat keras selama beberapa tahun, lanjut Rektor Universitas Pertiwi.

“Artinya teman-teman betapa penting berproses dengan baik dan benar yang akan menjadi pembeda kualitas teman-teman beberapa tahun ke depan. Bagi yang sudah bekerja dan sambil kuliah ini memang tidak mudah tapi saya berpesan supaya bisa mengelola waktu dengan baik dan tetap semangat,” tandasnya.

Gambar 5. Panitia Memegang Panji Bendera Salah Satu Kelompok

Berpindah ke Kampus Cililitan, yaitu lokasi yang ditunjuk sebagai tempat berkumpulnya seluruh mahasiswa/i baru yang berasal dari Kampus Cililitan, Kampus Bekasi dan Kampus Koja. Di sini, seluruh rangkaian acar berlangsung kurang lebih sama seperti yang berlokasi di Kampus Cikarang 2. Disini, tema wawasan kebangsaan dipandu oleh narasumber Kapten CKM Gusti KB Puja Negara, S. Pd. dari Kesatuan PUSDIKKES KODIKLATAD. Di Cililitan, acara berlangsung sama meriahnya seperti di Kampus Cikarang 2. Acara di Cililitan ditutup dengan penampilan dari homeband Sunday Funday dengan membawakan 3 buah tembang lagu.

Pada akhirnya, rangkaian acara ini tuntas ditunaikan pada hari Ahad tersebut. Dan di titik ini, seluruh mahasiswa/i baru akan membuka lembaran kehidupan baru bersama teman-teman baru guna mendapat ilmu pengetahuan terbaru.

 

Semoga sukses dan semakin giat dalam menuntut ilmu di Universitas Pertiwi.

, , , , ,